Copenhagen : Sepeda Dan Putri Duyung


wisata, traveling, copenhagen, denmark, sepeda

Jangan keburu bingung dulu mikirin hubungan sepeda sama putri duyung apalagi ngebayangin putri duyung naik sepeda, kasian juga kali ya putri duyungnya. Sebenarnya saya cuma mau cerita waktu traveling mengunjungi Copenhagen.

Saya berangkat dari Stockholm ke Copenhagen dengan kereta,dengan menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam. Begitu sampai di Copenhagen dan berjalan keluar stasiun, hal pertama yang sering saya lihat adalah pengguna sepeda yang lalu lalang di jalan, dan tak jarang parkiran - parkiran penuh dengan sepeda pun banyak saya temui disini.

wisata, traveling, copenhagen, denmark, city hall

wisata, traveling, copenhagen, denmark

Sepertinya bersepeda sudah menjadi bagian dan gaya hidup transportasi masyarakat Copenhagen sehari - hari. Dan ibukota dari negara Denmark ini memang menjadi kota yang ramah untuk pengguna sepeda dengan adanya jalur khusus untuk sepeda.

Selain ramah lingkungan dan mengurangi macet, menurut saya gaya hidup bersepeda masyarakat copenhagen memang cocok dengan suasana kota Copenhagen yang dipenuhi bangunan berarsitektur tua dan antik. Dan bersepeda mengelilingi kota Copenhagen ini menjadi kegiatan yang menyenangkan di kota ini apalagi jika anda memang suka bersepeda.

wisata, traveling, copenhagen, denmark, The Little mermaid, putri duyung

Putri duyung yang saya lihat di kota ini adalah patung The Little Mermaid yang terbuat dari perunggu sedang duduk di atas sebuah batu. Jangan membayangkan patung ini sebesar patung liberty karena ukuran patung putri duyung ini memang kecil hanya 1,25 meter. Walaupun begitu banyak sekali turis yang ingin berfoto dengan putri duyung ini.

Patung Little Mermaid ini dibuat berdasarkan dongeng yang ditulis Hans Christian Andersen diresmikan tahun 1913 dan semenjak itu menjadi aktrasi untuk para turis dan menjadi ikon kota Copenhagen.

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Amalienborg palace

Di Copenhagen mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan bangunan dan gedung - gedung klasik berarsitektur megah dan indah, seperti bangunan istana - istana yang ada dikota ini.

Amalienborg Palace adalah tempat dimana kita bisa merasakan seperti apa suasana kerajaan Eropa. Komplek istana ini terdiri dari empat buah gedung. Christian VII’s Palace, Christian VIII’s Palace, Frederik VIII’s Palace, Christian IX’s Palace. Di Christian VIII’s Palace terdapat museum Amalienborg dimana kita bisa merasakan pengalaman kehidupan kerajaan pada masa lalu dan sekarang.

wisata, traveling, copenhagen, denmark, christianborg palace

Christianborg palace digunakan sebagai gedung parlemen Denmark,  mahkamah agung, dan kantor perdana mentri. Sebagian tempat dari istana ini digunakan keluarga kerajaan untuk berbagai keperluan dan acara, seperti untuk ruang resepsi keluarga kerajaan. Kita juga bisa ikut tour untuk melihat ruang resepsi kerajaan ini.

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Nyhavn

Bangunan warna - warni di tepi kanal ini merupakan landmark kota Copenhagen. Nyhavn dulunya merupakan pelabuhan komersil dimana kapal - kapal dari seluruh dunia berlabuh. Penulis Hans Christian Andersen pernah tinggal di daerah ini.

Sekarang bangunan - bangunan di tepi kanal itu menjadi restoran, bar dan cafe, kita bisa bersantai atau makan sambil menikmati suasana Nyhavn. Tempat ini juga menjadi titik keberangkatan jika kita mengikuti canal boat tour yang akan membawa kita menyusuri kanal - kanal sekitar kota Copenhagen.

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Kastellet

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Kastellet

Tidak begitu jauh dari patung little mermaid kita bisa berjalan - jalan di Kastellet Park, Tempat ini dulunya merupakan benteng pertahanan yang dibangun berbentuk bintang. Sekarang selain masih digunakan untuk kepentingan militer,tempat ini juga dibuka untuk umum.

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Kastellet

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Kastellet

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Toko Lego

Untuk penyuka lego mengunjungi toko lego disini sepertinya menjadi kewajiban, karena Lego berasal dari Denmark walaupun bukan dari kota Copenhagen. kebetulan ada yang menitip lego jadi saya pun mengunjungi toko lego yang ada disini. Tokonya cukup besar dengan pengunjung yang ramai dan banyak set lego .

wisata, traveling, copenhagen, denmark, Toko Lego

Sangat menyenangkan mengunjungi Copenhagen, kota ini dipenuhi dengan bangunan bersejarah dan gedung - gedung tua masih terawat baik berdampingan dengan infrastruktur yang modern. Suasana yang tenang dan kota nya yang bersih membuat nyaman berjalan - jalan di kota ini. Setiap kota pasti memiliki sejarah namun Copenhagen bisa merawat dan menampilkan sejarahnya dengan baik.

No comments:

Post a Comment